Ridwan Kamil Akan Tukarkan Sebagian Tabungan Dolarnya, Rupiah Melemah

Ridwan Kamil Akan Tukarkan Sebagian Tabungan Dolarnya, Rupiah Melemah
Ridwan Kamil Akan Tukarkan Sebagian Tabungan Dolarnya, Rupiah Melemah. Rupiah melemah, membuat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berencana menukar tabungan dolarnya beberapa haribke depan. Hal itu dilakukan upaya menguatkan kembali rupiah yang kini nyaris menginjak Rp 15.000 per Dolar.

“Mungkin saya juga akan melakukan penukaran dalam seminggu, dua minggu (ke depan) sebagian tabungan dolar saya,” imbuh Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung.

Perihal besaran tabungan dolarnya, mantan Wali Kota Bandung tidak hafal jumlahnya. Karena dolar tersebut berasal dari sisa perjalan dinas ke luar negerinya selama lima tahun.

“Saya enggak hafal, saya tuh bukan punya tabungan dolar itu sisa-sisa perjalanan dinas yang di simpan,” ucapnya.

Menurut pemimpin yang akrab disapa Kang Emil meminta kepada para penguasa besar untuk melakukan hak serupa yakni tukarkan dolarnya sebagian besar ke rupiah. Dengan begitu, bangsa Indonesia bisa sama-sama menguatkan rupiah.

Pihaknya hanya bisa memastikan konsumsi barang impor bisa dikendalikan. Dengan cara, perkuat konsumsi barang atau produk lokal.

“Jadi saya imbau coba pilah pilah rakyat Jabar, kalau bisa beli barang-barang yang tidak harus impor. Kalau bisa barang yang sifatnya lokal itu jauh lebih baik,” imbuhnya.

Namun peristiwa ini, bukan hanya terjadi pada Indonesia melainkan beberapa negara lainnya. Kelemahan ini terjadi di semua negara, berdasarkan catat hasil risetnya itu lebih dari 12 negara mengalami pelemahan.

“Paling parah itu Turki. Indonesia itu rangking 7 dari yang terdampak skala turun. Jadi pelemahan ini bukan semata-mata hanya rupiah,” tuturnya.

Kalau Indonesia saja yang jadi melemah, maka ada isu ekonomi lokal menjadi problem. Namun untuk saat ini beberapa negara mengalami hal semua dalam artian ini adalah dimensi global.

Comments

Popular posts from this blog

PSMS vs Persib: Wajib 3 Angka!, Tidak Ada Pilihan Lain

Ballack Beri Saran Chelsea Cara Pertahankan Hazard

Ervanka Bawakan Lagu Baru Berbahasa Jawa